Life is Simple

Actually your Life is Simple...
So, Let's make your Life Simpler with Me... :)

Jumat, 06 Februari 2015

Placement Test EF kali ini SESUATU binggoooo :D

OMG!!!!
Gimana sih rasanya dipuji sama org bule tentang kemampuan bhs Inggris loe?!
Yaa ampun, gua barusan ngalami itu cuyy.. ga nyangka :’) *maaf lebay* but it’s true! I’m very happy because of that!! Wahahaha Alhamdulillah ya Allah
Kalian bingung ya maksud omongan gue itu? hehehe maaf yaa belom ada intronya tau2 udh masuk ke reff *eh apaan sih tambah ga ngerti ni org ngomong apa*
Well, i’m gonna tell you about that now ;)

Gue baru aja selesai placement test di English First (EF) Solo. Awalnya gue males bgt utk ikut placement test ini soalnya mengukur kemampuan berbahasa inggris gue. Gue ga suka aja ada org yg kepo ttg kemampuan yg gue punya *ttssaahh apa bgt deh*

Well, udh 2 kali registrasi online utk apply free placement test dan g pernah menjalani tes itu. Tapi pada registrasi yg ke-3 ini, gue udh niat bener2 niat mau ikut placement test soalnya udh pengen bgt belajar TOEFL. Emang sih klo mau improve nilai TOEFL ga perlu les ke tempat yg jauh. Lu bisa aja belajar sendiri di rumah, setiap hari pacaran sama soal2 TOEFL yg keren itu, tp sayangnya gue bukan tipe org yg kayak gtu. Kalo ga les tuh rasanya males bgt utk buka bank soal TOEFL. Entah mengapa diri ini males bgt utk baca soal2 reading yg panjang bgt kayak kereta api. Tapi kalo baca buku in English edition sih gue seneng bgt. Mungkin gue males jawab soal2 readingnya karena kebanyakan jawaban soalnya itu ga eksplisit sih di bacaannya *ya iyalah, namanya juga tes TOEFL Duh*

Okay back to the topic:
Akhirnya sehari setelah gua sampe di Solo, gue bikin janji sm org EF nya utk placement test. Well, jam 10.45 pagi gue brgkt dan jam 11.05 gue sampe di EF. Eh pas nyampe sana, ternyata gue harus nunggu dulu sampe jam 12 utk tes Reading, Listening and Writingnya. Ya udh, gua duduk sambil baca koran aja di balkon belakang deket kolam ikan mas koki hihihi beritanya lagi-lagi ttg KPK vs POLRI *hiissshh ga berhenti2 ya kasus ini heemmm* eh selain ttg KPK vs POLRI, gua juga baca berita ttg bpk Ravik (Prof. Dr Ravik Karsidi) jadi rektor UNS lagi utk periode 2015-2019. Yeeaaa congrats ya mbahde jauhkuuu *oouuppsss*

Nah, ternyata waktu berlari begitu cepat dan waktu sudah menunjukan pukul 12 siang lalu dtg lah mbak2 customer servicenya EF dan ngajak gue masuk ke suatu ruangan yg sepiii, heniiiing, dingiin dan tak berpenghunii *eh, maksudnya lab komputer hehe*. Trus dia jelasin apa2 yg harus gue lakuin utk ngerjain soal Reading sm Listening. Well, gue jabarin satu2 lah ya biar pd ngerti nih:
Jadi alokasi waktu yg dikasih cuma bentar broo. Wait, if i’m not mistaken waktunya hanya 35 menit utk menyelesaikan soal2 gtu lah. Jadi pada Reading sm Listening, masing2 ada 5 part/task. Nah tiap task itu bakalan ada banyak pertanyaan. Utk reading ya sama aja sih kayak soal2 Ujian Nasional gtu, nanti ada bacaan trus suruh dijawab deh pertanyaannyaa. klo utk listeningnya enak nih klo yg udh biasa nonton film barat without subtitle pasti gampang ;) Nanti bakalan ada gambar tombol suara gtu terus lu klik deh, nanti ada yg ngomong trus kedengeran gtu di headset lu. Terus jawab deh soal yg ada di layar komputer. Oia, lu cuma dikasih kesempatan 2 kali untuk denger listeningnya, jadi harus serius dengerinnya biar bs jawab soal hehe..

Well, setelah selesai reading dan listening, lu dikasih kertas utk writing. Nah di sini dikasih 3 option tema gtu. Lu disuruh pilih 1 trus tulis sebanyak 150-300 kata. Paling enak lah klo writing. Lu bisa nulis apapun yg lu mau sebanyak yg lu bisa. Waktunya 25 menit utk writing. gue pilih tema ttg Dream Job gtu. nah, pas udh selesai langsung gua kasih tuh ke mbak2 yg tadi. Gua disuruh tunggu lg utk interview. Nah inilah sesi yg paling gua tunggu2: interview with BULE (native speaker) wkwkwk.. ya udh akhirnya gue duduk lagi di tempat duduk yg tadi gue ceritain di awal. Nah pas lg nunggu, tiba2 gue liat ada bule item gtu. Gue lgsg shock!!! OMG! Gue berasa di Amerika tau ga lu. Huufft.. gue berdoa semoga yg interview gue bukan dia. Gue mau nya bule putih cuyy..  karena nunggunya lama akhirnya gue sholat Dzuhur dulu dan berdoa pastinya. Abis itu mba2 tadi bilang klo gue udh bs interview. Bismillah.. keluar dr musholla ketemu bule putih tp udh agak tua gtu but it’s okay. Alhamdulillah gue interview sm bule putih ya Allah hahah *alay*

Nah, sama kayak interview yg lainnya sih pasti yg pertama ditanya ialah describe about yourself. Ya udh akhirnya gue cerita tuh ttg diri gue. Nah nanti klo udh, si bule bakalan nanya2 gtu ttg apa yg udh lu ceritain. Dibawa santai aja sih klo lg interview mah *azzeeekkk*
Pokoknya interview itu part paling enak menurut gue. Ya emg sih klo yg blm biasa ngobrol sm bule pasti bingung dia ngomong apaan, tp lama kelamaan jg bakalan ngerti kok ;) *cemangat kakak*

Nah, setelah kami ngobrol2 akhirnya dia kasih tau hasil placement test gue. Dia bilang nilai gue bagus bgt dan level gue juga udh bagus utk kasus bahasa inggris. Jd gue udh bisa ambil preparation TOEFL *FYI, klo mau ambil pelatihan TOEFL di EF minimal level 5 Frontrunner* Well, momen2 ini yg bikin gue seneng. Si bule muji gue gitu.. aduh jadi ga enak kan dipuji sm bule wahaha.. dia bilang bahasa Inggris gue bagus bgt *shock* terus dia blm pnh menginterview orang sebagus gue *what? Bisa aja nih si bule* terus dia bingung mau naruh gue di level apa saking kerennya gue *issshh sombongnyaaa.. Astaghfirullah ga maksud sombong deh bneran* but itu yg dia bilang dan Alhamdulillah bgt lah gue hehehe ;)

Well, gue skrg tinggal nunggu jadwal mulai les nya kapan nih dr si mbak2 tadi. Biaya les TOEFL di EF terjangkau kok guys. So cobain aja dulu yuuk. *eh maap kok malah terlihat promosi ya hehehe* Ya seperti itulah keseruan placement test EF Solo yg gue jalanin. Oia, EF cuma ada 1 lho di Solo, yakni di deket matahari Singosaren. Alamat lengkapnya tanya sendiri aja ya ke mbah google hehhee.. Semangat! J

Surakarta, Feb 6th 2015
~Fayfhee Fhi~



34 komentar:

  1. Wuaaaah seru banget kayaknya, placement test ku malah gak seseru ini. I literally felt like a shit *sorry* but it's true. I went to the nearest EF with my mom padahal deket banget but yeah seems i love my mom so much. Baaah ngeles aja padahal gak berani :3 Nah pas sampe disana ditanya-ditanya gitu sama staf-staf administrasi gitu udah panjang lebar sama kayak kamu aku disuruh test reading & listening and yeah even though she said my result is good. I wasnt impressed with it.Hiks.Terus bagian dag-dig-dug di interview sama nativenya! di EF ku kebetulan gak ada bule itemnya :v so i was interviewed by a hot middle aged man JHDUIEHDSBDJHSBYDB he asked me with his raspy voice PLUS BRITISH ACCENT /MATI/ /MATI/ /MATI/ AND I GOT FR12 :3 and sekarang aku lagi postponed bc mau prepared ujian nasional [mau jadi putih abu-abu nih lul]. Kangen banget sama EF ((NATIVEnya)) loljk i had so much fuuuuuuun!

    BalasHapus
  2. Wuaaaah seru banget kayaknya, placement test ku malah gak seseru ini. I literally felt like a shit *sorry* but it's true. I went to the nearest EF with my mom padahal deket banget but yeah seems i love my mom so much. Baaah ngeles aja padahal gak berani :3 Nah pas sampe disana ditanya-ditanya gitu sama staf-staf administrasi gitu udah panjang lebar sama kayak kamu aku disuruh test reading & listening and yeah even though she said my result is good. I wasnt impressed with it.Hiks.Terus bagian dag-dig-dug di interview sama nativenya! di EF ku kebetulan gak ada bule itemnya :v so i was interviewed by a hot middle aged man JHDUIEHDSBDJHSBYDB he asked me with his raspy voice PLUS BRITISH ACCENT /MATI/ /MATI/ /MATI/ AND I GOT FR12 :3 and sekarang aku lagi postponed bc mau prepared ujian nasional [mau jadi putih abu-abu nih lul]. Kangen banget sama EF ((NATIVEnya)) loljk i had so much fuuuuuuun!

    BalasHapus
  3. Ecciiee yg mau UN. Semangkaaa!!! Semangat kakaaak!!! Good luck Kezya or Indira wehehehe ^_^ thanks for sharing

    BalasHapus
  4. kk jadinya frontrunner berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Frontrunner 9, tapi aku jadinya ambil kelas conversation :)

      Hapus
  5. wah, asyik jadi pengen cepet-cepet ikuta kelas di EF, mau nanya boleh? kira-kira harganya segimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah harga tergantung jenis les nya, untuk conversation terjangkau banget kok :)

      Hapus
  6. Besok saya ikut placement test di ef . Saya gak mahir dalam bahasa inggris apalagi conversation . Itu saat di interview full english kah ? .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, full english karena native nya lah yang langsung melakukan interview

      Hapus
  7. Biaya di ef itu kisaran brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Conversation class 990rb (hrg per feb 2016 di Pekanbaru,Riau)

      Hapus
    2. Tergantung lokasi EF nya. pas aku dulu Conversation di Solo 1,8 jt diskon 200 jadi 1,6 deh

      Hapus
  8. Balasan
    1. Iya gapapa lah sekali kali. Dibikin asik ajalah mas.

      Hapus
  9. hai ka afifah, aku masi bingung ni. aku anak semester 8 yaa yang butuh nilai toefl untuk pekrjaan. tapi aku ngerasa bahasa inggrisku minim banget hehe. lebih baik aku ikut kelas conversation dulu apa langsung les kusus toefl ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga kak :)
      Kalau tujuannya utk TOEFL sebaiknya langsung ambil kursus TOEFL aja kak minimal 1 bulan sebelum tes. Kalau conversation itu lebih memperdalam ilmu speaking dan listening, tapi kalau writing dan reading hampir gak dipelajari. gitu :)

      Hapus
  10. Hai mbak! Aku juga kemarin habis Placemet Test di EF Solo. Pas reading, listening n writingnya ya biasa aja, tapi pas interview sama pakdhe bule yang aksen British langsung blank!#whatdaaa lupa semua grammar padahal biasanya ya lancar2 aja wkwkwkwkwk btw setelah ditest aku katanya masuk Frontrunner 6. Biayanya 1 level 4,5 bulan sekitar 3,1 juta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha iya mbak emang gitu pas interview awalnya nge-blank tapi nanti juga biasa kalau udah sering ngobrol sama pakdhe bule nya ^^

      Hapus
    2. Maksudnya 4.5 bulan.... 4 setengah bulan??

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Hi, afifah:) jadi sekarang kamu udah bisa cas cis cus ngomong inggris?

    BalasHapus
  14. waah seru banget kayaknya, udah jago nih pasti sekarang, gua sampe kesini soalnya besok mau placement test buat pelatihan toefl, kira2 perlu belajar dulu apa jalanin aja nih ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru kok.
      Emm depends on you sebenernya. kalo dulu gue sebelum placement test coba2 latihan soal gitu. tapi sebenernya kalo ga belajar juga gapapa sih soalnya itu kan emang ngetest level bahasa ingggris kita sampai mana gitu.
      semangat yang mau TOEFL. Good luck!

      Hapus
  15. wihh seru banget nih kayanya, gua baru baca postingan elo nih, gua ada niat ngambil conversation nih, tapi bingung kalo ngambil conversation itu harus udah jago ya inggrisnya? menurut gua kemampuan gua biasa aja sih ga jelek ga bagus juga, cuma gua kaya kurang suka gtu belajar grammar gitu" kelas yg biasa, enakan conversation, lebih fun dan enjoy ajaa. so pertanyaan gua cuma itu aja kalo mau ngambil conversation itu cuma buat yg placement testnya bagus atau gimana? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru wkwkwk
      Kayaknya mereka emang punya standar tersendiri deh. soalnya rata2 yg masuk kelas conversation itu emang udah bisa cas cis cus. tapi dicoba aja ambil placement test, gampang kok. Pasti lu bisa deh. yakin! good luck! ;)

      Hapus
  16. hai kaa. aku barusan dtg di ef cilegon dan besok aku placement test. huhu aku sangat takut kaa. deg2an bangetttttt. aku tuu gabisa bahasa inggris sm sekali kaa terus aku bingung harus bljr apaa����

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Mau tanya, kelas conversationnya itu muridnya satu kelas banyak kah? Dan brp lama programnya? Terima kasih.

    BalasHapus
  19. hai kaaa, kalo untuk IELTS preparation di EF tau ga ya kira2 harganya berapa? thankyouuu

    BalasHapus
  20. Kira kira EF sekarang kalau mau kursus brapa ya?

    BalasHapus
  21. hai !! besok aku ada placement test, and it was my first test dr EF. I even don't know what is placement test, aku cb ikut ikut yang test online bcs iseng aja dan mau liat kemampuan bahasa inggris ku segimana, aku takut banget. Setelah aku online test, bbrp hari setelah nya aku di contact sama salah satu admin nya untuk mengikut sertakan aku di placement test, wish me luck !!

    BalasHapus