Life is Simple

Actually your Life is Simple...
So, Let's make your Life more Simple with Me... :)

Jumat, 01 Juni 2012

Perbedaan Larutan, Koloid, dan Suspensi


Hallo guys...
Kali ini aku akan share tentang pelajaran KIMIA. yeaaa.. pelajaran yang tentu sangat mengasyikkan bukan? hehe.. *masa' ---"

Materi yang akan aku share kali ini ya itu... jeng jeng jeng jeng jeng...

                            LARUTAN
                                               KOLOID
                                                               SUSPENSI 



Nah, kalian udah tau blom perbedaan antara ketiga kata di atas itu..???
kalau blom tahu dan kalian mau tahu, ikuti terus materi ini ya... :)

Kalo ngomongin tentang larutan, yang ada dipikiran kita yaitu AIR, BENING/JERNIH, TIDAK ADA ENDAPAN, BERSIH. *yuuhhhuuu... :)
Kalo ngomongin tentang koloid, yang ada dibenak kita yaitu AGAK KERUH. *hemm.. -,-
Kalo ngomongin tentang suspensi, yang ada dalam imajinasi kita yaitu GELAP, BANYAK ENDAPAN, KERUH, KOTOR. *eeuuuhhh.. -.-'

Nah, kalian udah dapat bayangannya blom...???
Sebenernya pikiran2 yang diatas itu pengertian aku sendiri. kalo pengertian dari para ahli yang sudah benar-benar ahli mah bahasanya panjang dan cukup memutar otak. hehehe..

Tetapi kalo kalian masih bingung, atau masih ragu, aku punya tabel yang cukup bagus untuk kalian baca dan kalian pahami..

Let's see..!!!


Nah, kalian ngerti gak maksud dari tabel itu? *sebenernya siiihh.. emm..

okey, aku jelasin secara singkat ya..
Kolom 1: Larutan bersifat HOMOGEN. Homogen maksudnya larutan itu mengandung 1 jenis zat dan tidak dapat dipisahkan lagi. Ini yang dinamakan dengan satu fase. Contohnya, larutan gula (air+gula=larutan gula). apa bisa, gula yang sudah larut dalam air, kita pisahkan lagi? *coba aja sendiri, kalau berhasil berarti ada yang salah dengan percobaan kalian itu. wehehe..

Kolom 2: Koloid itu sebenarnya bersifat HETEROGEN. Namun, karena kita hanya manusia biasa, yang mempunyai keterbatasan melihat, pasti sekilas mata kita melihat Koloid itu bersifat HOMOGEN. Contohnya, Susu. Yang ada dalam penglihatan kita pasti susu itu HOMOGEN karena tidak terlihat adanya endapan di susu itu. Tapi jika kita lihat dengan mikroskop ultra, di dalam susu itu masih mengandung partikel-partikel yang berbeda. Ini yang dinamakan dengan 2 fase. gitu deh pokoknya. ngerti kan?? *ngerti-ngerti aja deh.. ---"
Kolom 3: Suspensi bersifat HETEROGEN. Nah, kalau yang ini sih sudah jelas ya. karena terlihat sekali perbedaan antara zat satu dengan zat yang lainnya. contohnya, air+pasir. Apa yang akan terjadi jika kita mencampurkan air dengan pasir??
Selama apapun, kita aduk si pasir dengan si air, ga akan deh si pasir larut dalam air. mereka kan musuhan *lho?
Pasti akan terlihat pasir itu mengendap dalam air. Ini yang dinamakan 2 fase yaaa guys.. :)

Coba deh untuk kalian yang rajin, kalian praktekan sendiri biar kalian lebih mengerti bedanya LARUTAN, KOLOID, dan SUSPENSI. Okay guys?


Selamat belajar guys!!! 
Semoga bermanfaat..
Kritik dan sarannya diminta lhoo... 
:D



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar